Copyright 2019 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Seminar Nasional Faperta 2019 Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Info lebih lanjut, Klik disini

Dengan Tema : "Optimalisasi Sumbersaya Lokal Untuk Pembangunan Pertanian Terpadu dan Berkeadilan"

Sektor pertanian merupakan sektor yang mempunyai peranan strategis dalam struktur pembangunan perekonomian nasional. Pembangunan pertanian di Indonesia dianggap penting dari keseluruhan pembangunan nasional. Ada beberapa hal yang mendasari mengapa pembangunan pertanian di Indonesia mempunyai peranan penting, antara lain: potensi sumber daya alam yang besar dan beragam, pangsa

terhadap pendapatan nasional yang cukup besar, besarnya pangsa terhadap ekspor nasional, besarnya penduduk Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada sektor ini, perannya dalam penyediaan pangan masyarakat dan menjadi basis pertumbuhan di pedesaan.

Pembangunan pertanian pada masa lalu mempunyai beberapa kelemahan, yakni hanya terfokus pada usaha tani, lemahnya dukungan kebijakan makro, serta pendekatannya yang sentralistik. Pembangunan pertanian di masa yang akan datang tidak hanya dihadapkan untuk memecahkan masalah-masalah yang ada, namun juga dihadapkan pula pada tantangan untuk menghadapi perubahan tatanan politik di Indonesia yang mengarah pada era demokratisasi yakni tuntutan otonomi daerah dan pemberdayaan petani. Disamping itu, dihadapkan pula pada tantangan untuk mengantisipasi perubahan tatanan dunia yang mengarah pada globalisasi dunia.

Pembangunan pertanian bukan hanya merupakan aktivitas ekonomi untuk menghasilkan pendapatan bagi petani saja, tetapi pertanian adalah sebuah cara hidup bagi sebagian petani di Indonesia dan merupakan sumber penghasilan terbesar di Indonesia. Dalam proses yang dilakukan dalam pertanian,harus ada sistem yang berlaku di dalam pertanian agar pola pertanian dilakukan secara terukur dan mampu memajukan kesejahteraan petani. 

 

Dalam proses membangun pertanian, teknologi sangat diperlukan dalam pembangunan dalam sektor pertanian agar pertanian dari masa ke masa dapat berkembang. Dengan adanya teknologi pertanian dan sistem pertanian yang diterapkan oleh para petani, maka proses menuju keseimbangan pangan di Indonesia semakin dekat tercapai. Oleh karena itu, harus adanya inovasi yang berkaitan dengan teknologi dalam bidang sistem pertanian. Pembangunan pertanian berkelanjutan merupakan salah satu pilihan untuk mencapai tujuan pangan Indonesia dengan adanya inovasi-inovasi dari berbagai bidang terutama bidang teknologi yang sangat penting dalam mencapai tujuan tersebut.

 

 

       Waktu dan Tempat

       Hari/tanggal     : Kamis, 22 Agustus 2019

       Waktu                  : 08.00 s/d 17.00 WIB

       Tempat                               :  Auditorium Ukhuwah Islamiyah

  Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto,

  Jln Raya Dukuhwaluh Purwokerto

 

 


 

 

f t g m

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239