Copyright 2019 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Fakultas Pertanian Kenalkan Hidroponik pada Generasi Muda

Cita-cita untuk terus mengembangkan sektor pertanian Indonesia tampaknya selalu dipegang teguh oleh Fakultas Pertanian UMP. Dibarengi kesadaran akan pentingnya menciptakan generasi peduli pertanian, Fakultas Pertanian bekerja sama dengan SMAN I Purwokerto membuat program pelatihan bertani secara hidroponik.

Program ini diharapkan akan memacu minat dan kecintaan generasi muda akan dunia pertanian yang kini mulai kurang diminati generasi muda.

Pihak sekolah sendiri amat menyambut baik program tersebut hingga menjadikanya sebagai salah satu mata pelajaran muatan lokal. Tak pelak hal ini membuat sebagian dosen fakultas pertanian harus bolak-balik ke SMA guna memberi pelatihan bagi siswa-siswi SMAN I. Selama pelatihan, siswa diperkenalkan dengan berbagai teknik bertanam secara hidroponik.

Hidroponik sengaja dipilih agar para siswa mempunyai wawasan bahwa bertani tidak harus dengan media tanah seperti yang biasanya diterapkan. Ada banyak teknik bertani yang mudah dan menyenangkan, salah satunya yakni hidroponik. Selain itu, ditengah pertumbuhan penduduk dan alih fungsi lahan pertanian yang semakin besar, hidroponik dapat menjadi solusi bagi pertanian masa depan Indonesia. Para siswa juga diharapkan mampu menyerap ilmu yang disampaikan dan mempraktekanya sehingga dapat menjadi life skill education yang bermanfaat bagi masa depanya. Siswa sendiri merasa senang belajar hidroponik, terlebih 80% dari kegiatan adalah praktek langsung.

 

 

f t g m

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239