Copyright 2018 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Agrotech Festival Hiasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto

 Agrotech Festival            Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Agroteknologi Fakultas Pertanian UMP kembali mengadakan berbagai agenda besar di Bulan Desember 2016 ini. Berbagai agenda yang menghiasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada tanggal 9 hingga 10 Desember ini meliputi Seminar Regional (Jateng-DIY), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), dan Agrotech Festival.

Read more: Agrotech Festival Hiasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Pelatihan Teknis Produksi Gula Kelapa oleh Fakultas Pertanian UMP & Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Banyumas

pelatihan teknis gula kelapaBekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Banyumas, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto memberikan pelatihan teknis produuksi gula kelapa. Kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis & Jum’at tanggal 1-2 Desember 2016 ini bertempat di Hotel Palapa Purwokerto. Peserta pada acara ini terdiri dari para petani gula kelapa yang sudah terjun secara usaha. Pelatihan yang dibawakan oleh narasumber dari Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (Arif Prashadi Santosa, S.TP.,M.Sc) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengrajin gula kelapa. Gula kelapa sendiri merupakan potensi industri yang memiliki prospek usaha yang baik di Kabupaten Banyumas. Namun demikian pada sesi pelatihan, masih terdapat pengrajin gula kelapa yang masih awam mengenai standar kualitas produknya khususnya terkait PIRT. Sehingga dalam pelatihan ini disampaikan bagaimana mengurus PIRT dan sertifikasi produk pangan. Selain itu kegiatan ini juga memberikan pelatihan pembuatan produk olahan dari nira selain untuk gula kelapa. Sehingga diversifikasi produk turunan nira kelapa menjadi beragam dan mampu meningkatkan nilai jual produk yang berujung pada peningkatan kesejahteraan petani gula kelapa. (APS)

Mahasiswa UMP mengadakan kunjungan akademik ke IIUM Malaysia

Kunjungan IIUMPersaingan usaha semakin ketat, karena itu dibutuhkan wawasan yang luas untuk menghadapinya. Fakultas Pertanian UMP sadar akan hal tersebut. Karena itu, pada tanggal 5 September 2016 faperta UMP telah memberangkatkan mahasiswa ke International Islamic University Malaysia untuk mengikuti kuliah pada mata kuliah Cell and tissue engineering dan Engeenering aspects of animal and plant culture. Tidak hanya mengikuti kuliah para mahasiswa juga mengikuti kegiatan praktikum pada mata kuliah tersebut.

Jadwal kegiatan para mahasiswa cukup padat, selain mengikuti kuliah dan praktikum merekan juga mengunjungi FRIM (Forrest Research Institute Malaysia) dan MINT (Malaysian Institute for Nuclear Technology Research) Harapannya  dengan terselenggaranya acara tersebut para mahasiswa mendapatkan tambahan wawasan tentang gambaran kompetisi global. Kegiatan ini sepenuhnya didanai oleh UMP sehingga mahasiswa tidak perlu mengeluarkan dana lagi, kecuali untuk membuat pasport.HAD

Fapeta UMP Menjajaki Peluang Kerja Sama dengan Departemen Bioteknologi IIUM Malaysia

Kuliah di IIUMFakultas Pertanian UMP beberapa waktu yang lalu telah mengadakan kunjungan ke IIUM Malaysia. Dalam kunjungan tersebut dibahas beberapa hal salah satunya adalah kemungkinan diadakannya MoA atau Memorandum of Agreement, antara Program Studi Agroteknologi faperta UMP dengan Departemen Bioteknologi, Fakultas Teknik IIUM Malaysia.

Jika MoA disepakati oleh kedua belah pihak maka akan banyak kegiatan bermanfaat yang dapat dilakukan diantaranya; kerjasama penelitian antara kedua institusi, penyelenggaraan seminar internasional, kuliah tamu dan banyak hal yang lain. Semua ni dilakukan dalam upya faperta UMP untuk terus maju memantaskan diri menjadi fakultas unggul berstandar internasional. HAD

Pelatihan Jurnalistik dengan Tema “Open the world with your creativity”

JurnalistikPurwokerto – (07/10/16) HMPS Agribisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengadakan pelatihan jurnalistik di Ruang Sidang Lama Fakultas Pertanian dengan mengangkat tema “Open the world with your creativity”. Pelatihan ini diikuti oleh sebagian besar mahasiswa program studi Agribisnis Fakultas Pertanian baik dari semester satu sampai semester tujuh. Kegiatan pelatihan jurnalistik ini merupakan salah satu program kerja Bidang IT dan Media HMPS Agribisnis UMP. Narasumber didatangkan langsung dari pimpinan redaksi LPM Bhaskara UMP yaitu Decky Kurniawan.  Dengan adanya pelatihan jurnalistik kali ini diharapkan mahasiswa Fakultas Pertanian khususnya mahasiswa Agribisnis dapat mengembangkan potensinya dala menulis dan mempublikasikan informasi yang ada baik didalam kegiatan perkuliahan maupun organisasi. Seperti yang dikatakan oleh Kaprodi Agribisnis yaitu Ibu Sulistyani Budiningsih dalam sambutan pembukaannya yaitu “Semoga dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dapat mengaplikasikannya dan setelah adanya pelatihan jurnalistik ini ada tindak lanjutnya.”

 

Pelatihan Jurnalistik ini diikuti oleh seluruh peserta dengan antusiasme yang tinggi, beberapa dari mereka banyak yang memiliki minat dalam kegiatan jurnalistik ini. Narasumber bukan hanya memberikan materi tentang pengenalan jurnalistik, tetapi juga memberikan beberapa contoh yang ada di sekitar Universitas Muhammadiyah Purwokerto untuk dijadikan sebagai sumber penulisan berita. Diskusi yang berlangsung tidak hanya berjalan secara searah melainkan dua arah, pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta cukup menarik sehingga membuat suasana yang terjadi tidak membosankan. Pelatihan jurnalistik ini berakhir pada petang hari sekitar pukul 18.00 dan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan kepada narasumber. (TYP)

f t g m

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239