Copyright 2018 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Perkenalan Fakultas Pertanian kepada SMA N 7 Cirebon

Kamu mau jadi mahasiswa Fakultas Pertanian? Enggga Lah... Aku ga mau panas-panasan, kotor-kotoran, dan praktikum di sawah.

Pernahkah kamu terngiang perasaan seperti itu? bahwa mahasiswa Fakultas Pertanian mesti harus bisa mencangkul, membajak sawah dll?

Biar kami luruskan, bahwa mahasiswa Fakultas Pertanian tidak diwajibkan untuk bisa mencangkul, ataupun membajak. pada kenyataannya, justru praktikum ada di laboraturium. Praktikum kultur jaringan bisalnya, praktikum manajemen bisnis dibidang pertanian. Semua itu dilakukan di laboraturium.

Itulah penjelasan yang disampaikan oleh Hamami Alfasani Dewanto, S.Si., M.Si dan Arif Prashadi Santosa, S.TP., M.Sc. kepada Siswa Siswi SMA N 7 Cirebon dalam kesempatannya mengunjungi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Read more: Perkenalan Fakultas Pertanian kepada SMA N 7 Cirebon

Pentingnya Pemahaman tentang Perkembangan Ekonomi Global

Ekonomi dunia atau ekonomi global secara umum merujuk ke ekonomi yang didasarkan pada ekonomi nasional semua negara di dunia. Ekonomi global juga dapat dipandang sebagai ekonomi masyarakat global dan ekonomi nasional – yaitu ekonomi masyarakat setempat, sehingga menciptakan satu ekonomi global. Berdasarkan latar belakang tersebut, Prof Syed Ismail dari Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia menjadi dosen tamu di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Pada kesempatan itu juga, Yusuf Enril Fathurrohman, S.P., M.Sc. salah satu dosen Fakultas Pertanian memberikan pandangannya terkait Ekonomi Pertanian. Ekonomi pertanian adalah bagian ilmu ekonomi umum yang mempelajari fenomena-fenomena serta persoalan-persoalan yang berhubungan dengan pertanian baik mikro maupun makro. Sumberdaya ekonomi pertanian meliputi lahan pertanian, rumah tangga pertanian, dan pendapatan petani. Ekonomi pertanian merupakan satu-satunya cabang ilmu ekonomi yang terkait dengan pemanfaatan lahan.

Kuliah Tamu Prof Syed Ismail 

Global Economic Growth and The Impact on Social Life

Selasa, 28 November 2017

Visitasi Asesor ke Fakultas Pertanian

Akreditasi atau pentauliahan adalah suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan.

Salah satu contoh akreditasi adalah akreditasi pada metode tes laboratorium dan sertifikasi 

spesialis yang diperbolehkan mengeluarkan sertifikat resmi suatu yang telah memiliki standar.

 

Berdasarkan Undang-Undang nomor 22 tahun 1961, di Indonesia, akreditasi diberikan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasilnya berupa tiga tingkatan status, yaitu terdaftar, diakui, dan disamakan.

 

Read more: Visitasi Asesor ke Fakultas Pertanian

Kunjungan T Huda Bumiayu ke Faperta UMP

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Read more: Kunjungan T Huda Bumiayu ke Faperta UMP

Pelatihan Publikasi Google Schoolar, Sinta2 dan OrcId

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat

Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, dosen berkewajiban:

  1. Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;
  2. Merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran;
  3. Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni;
  4. Bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu, atau latar belakang sosioekonomi peserta didik dalam pembelajaran;
  5. Menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan, hukum, dan kode etik, serta nilai-nilai agama dan etika; dan
  6. Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.

Read more: Pelatihan Publikasi Google Schoolar, Sinta2 dan OrcId

f t g m

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239