Copyright 2017 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Faperta UMP trough beyond with OJS and Mendeley

Pelatihan OJS dan MendeleyBertempat di Ruang sidang lantai 2 rektorat Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 6 perwakilan dari Fakultas Pertanian, 4 dari Agribisnis dan 2 dari Agroteknologi, didelegasiakn mengikuti pelatihan OJS (Open Journal System) dan pelatihan penggunaan software Mendeley. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari dari hari Kamis, 26 Januari hingga Jumat, 27 Januari. Dari program studi Agroteknologi, ada Dr. Gayuh dan Hamami M.Si, sedang dari Agribisnis ada Dr. Pujiharto, Arif Prashadi M.Sc., Yusuf Enril M.Sc dan Watemin M.P. OJS sendiri merupakan pelatihan yang sangat krusial, di mana di era cyber education ini semua pertukaran sumber informasi dan pengetahuan dapat diakses melalui dunia maya, terutama sumber informasi ilmiah seperti artikel ilmiah dan jurnal ilmiah.  Bahkan sekarang publikasi secara online merupakan syarat wajib bagi  institusi pendidikan lebih dari publikasi cetak. 

Read more: Faperta UMP trough beyond with OJS and Mendeley

Praktikum Konversi Tanah dan Air

Konversi lahan dan airSabtu, 24 Desember 2016. Sebanyak 28 Mahasiswa agroteknologi semester 5 Fakultas pertanian, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Melakukan kunjungan praktikum ke dusun jemblung, desa Sampang, kecamatan Karangkobar, kabupaten Banjarnegara. Lokasi tersebut merupakan lokasi tempat terjadinya bencana tanah longsor pada dua tahun yg lalu, Tepatnya pada tanggal  12 Desember 2014.

Read more: Praktikum Konversi Tanah dan Air

Penyuluhan Pemanfaatan Pestisida Alami

Penyuluhan pestisidaPemanfaatan pestisida kimiawi pada awalnya bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian dengan cara membasmi hama penyebab gagal panen. Namun seiring berjalanya waktu penggunaan pestisida kimia memiliki berbagai dampak yang tiidak bersahabat. Dampak yang dirasakan terutama adalah timbulnya hama yang resisten terhadap pestisida. Hal tersebut berdampak terhadap penambahan dosis pestisida kimiawi. Semakin banyak pestisida kimiawi yang digunakan, maka residu berbahaya dalam komoditas yang terpapar pestisida akan semakin tinggi. Melihat fakta yang ada maka perlu diadakanya kegiatan pemaparan dan penyuluhan mengenai pentingnya pestisida alami dan pemanfaatan tanaman refugia sebagai pestisida alami serta dampaknya kepada lingkungan. 

Read more: Penyuluhan Pemanfaatan Pestisida Alami

Semangat Kewirausahaan Pendongkrak Pertanian Indonesia

            Produk Olahan PertanianKewirausahaan bagi Bangsa Indonesia saat ini adalah harga mati. Melihat kebutuhan wirausahawan di Indonesia saat ini maka perlu adanya pengembangan wirausahawan baru. Oleh karena itu cita-cita sebagai seorang wirausahawan perlu ditanamkan di setiap institusi pendidikan. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berusaha mencetak wirausahawan-wirausahawan muda baru melalui berbagai programnya. Salah satunya adalah melalui mata kuliah kewirausahaan yang berbasis pada produk pertanian. Mata kuliah kewirausahaan tidak hanya terdiri dari teori mengenai kewirausahaan tetapi juga menekankan pada praktik. Praktik kewirausahaan ini terdiri dari 1)Survey Pasar; 2) Cipta Produk; dan 3) Pemasaran.

Read more: Semangat Kewirausahaan Pendongkrak Pertanian Indonesia

Agrotech Festival Hiasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto

 Agrotech Festival            Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Agroteknologi Fakultas Pertanian UMP kembali mengadakan berbagai agenda besar di Bulan Desember 2016 ini. Berbagai agenda yang menghiasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada tanggal 9 hingga 10 Desember ini meliputi Seminar Regional (Jateng-DIY), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), dan Agrotech Festival.

Read more: Agrotech Festival Hiasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto

f t g m

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239