Copyright 2017 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Sejarah

Sejarah Fakultas 

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto didirikan bersamaan dengan tiga fakultas lain, yaitu Fakultas Ekonomi, Perikanan, dan Teknik sejak alih bentuk dari IKIP Muhammadiyah Purwokerto menjadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto berdasarkan surat Keputusan Mendikbud No. 345/DIKTI/1995.

Pada saat didirikan Fak. Pertanian UM Purwokerto memiliki 2 (dua) Program Studi, yaitu Hortikultura dan Sosial Ekonomi Pertanian/Agrobisnis. Mengikuti Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas No: 163/DIKTI/KEP/2007, prodi pada Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto berubah nama menjadi Prodi Agribisnis dan Agroteknologi dengan SK Rektor UM Purwokerto No: A7.II/248-S.Kep/UMP/VIII/2008.

Program Studi Agribisnis Terakreditasi B dengan SK Nomor 1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/20105 Tanggal 29 Desember 2015; Program Studi Agroteknologi Terakreditasi B dengan SK Nomor 004/BAN- PT/Ak-XV/S1/IV/2012 Tanggal 27 April.

Pada saat ini Fakultas Pertanian UMP mempunyai tenaga pengajar tetap sebanyak 15 orang, terdiri atas 8 orang dosen prodi Agribisnis dan 7 orang dosen Agroteknologi, adapun spesifikasi tenaga pengajarnya yaitu: 2 orang S3 dan 13 orang S2, dari 13 tenaga pengajar tersebut 5 orang sedang studi lanjut S3. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto memiliki visi Pada tahun 2032 menjadi yang unggul, modern dan Islami guna menyelenggarakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian yang lestari serta jiwa entrepreneurship untuk kemaslahatan umat manusia.

Adapun misi Fakultas Pertanian yiatu: (1) Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian secara professional serta menjalankan manajemen fakultas yang baik dan dinamis untuk menghasilkan lulusan yang professional di bidang pertanian, berjiwa enterpreneurship serta siap kerja. (2) Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian yang mutakhir, serta penelitian dan pengabdian yang inovatif sesuai dengan perkembangan jaman. (3) Menanamkan nilai-nilai islam yang universal kepada seluruh sivitas akademika secara komprehensif, sehingga dapat dihasilkan lulusan yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Tujuan Fakultas: (1) Menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan akademik kompetitif dan komparatif, siap kerja dan berjiwa entrepreneurship di bidang pertanian. (2) Menghasilkan penelitian dan pengabdian yang inovatif sesuai dengan perkembangan jaman. (3) Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan etika profesi berdasarkan nilai Islami sebagai implementasi keimanan dan ketakwaan. (4) Mewujudkan sistem organisasi dan manajemen yang rapi, efektif dan efisien sehingga mampu memberikan pelayanan administrasi yang memuaskan pengguna.

 

f t g m

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239