Copyright 2017 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Faperta UMP trough beyond with OJS and Mendeley

Pelatihan OJS dan MendeleyBertempat di Ruang sidang lantai 2 rektorat Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 6 perwakilan dari Fakultas Pertanian, 4 dari Agribisnis dan 2 dari Agroteknologi, didelegasiakn mengikuti pelatihan OJS (Open Journal System) dan pelatihan penggunaan software Mendeley. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari dari hari Kamis, 26 Januari hingga Jumat, 27 Januari. Dari program studi Agroteknologi, ada Dr. Gayuh dan Hamami M.Si, sedang dari Agribisnis ada Dr. Pujiharto, Arif Prashadi M.Sc., Yusuf Enril M.Sc dan Watemin M.P. OJS sendiri merupakan pelatihan yang sangat krusial, di mana di era cyber education ini semua pertukaran sumber informasi dan pengetahuan dapat diakses melalui dunia maya, terutama sumber informasi ilmiah seperti artikel ilmiah dan jurnal ilmiah.  Bahkan sekarang publikasi secara online merupakan syarat wajib bagi  institusi pendidikan lebih dari publikasi cetak. 


Pertanian UMP dengan jurnal Agritechnya, selama ini mempublikasikan penelitian dengan format cetak (hardcopy),dengan OJS diharapkan semakin mudah bagi civitas akademika, baik dari UMP maupun dari luar, untuk mempublikasikan hasil penelitiannya secara online, agar mudah diakses secara lebih luas bagi yang membutuhkan sumber informasi dunia pertanian secara luas. Selain OJS, delegasi Fakultas Pertanian UMP juga mengikuti pelatihan software Mendeley. Software Mebdeley sebdiri merupakan software asiten yang sangat membantu pada saat penyusunan artikel atau laporab ilmiah. Mendeley mempermudah sitasi pada artikel ilmiah dengan cara langsung menyertakan sumber sitasi dan daftar pustaka dari artikel atau sumber yang  diacu. Mungkin hal ini terlihat sederhana, namun jika sampai lalai mencantumkan sumber sitasi, bisa jadi karya yg dihasilkan dicap sebagai plagiat. Dengan Mendeley, tidak ada lagi ceritanya bagi penulis artikel ilmiah untuk lupa menyertakan sumber sitasi yang digunakan pada artikel yang dibuatnya. 

Dengan kedua pelatihan tersebut diharapkan fakultas Pertanian UMP mempunyai bekal untuk dapat semakin mendunia dengan Jurnal Agritech online dan kualitas tulisan artikel ilmiah yang mumpuni.

Agriculture trough Beyond!!!

f t g m

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239