Copyright 2017 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Semangat Kewirausahaan Pendongkrak Pertanian Indonesia

            Produk Olahan PertanianKewirausahaan bagi Bangsa Indonesia saat ini adalah harga mati. Melihat kebutuhan wirausahawan di Indonesia saat ini maka perlu adanya pengembangan wirausahawan baru. Oleh karena itu cita-cita sebagai seorang wirausahawan perlu ditanamkan di setiap institusi pendidikan. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berusaha mencetak wirausahawan-wirausahawan muda baru melalui berbagai programnya. Salah satunya adalah melalui mata kuliah kewirausahaan yang berbasis pada produk pertanian. Mata kuliah kewirausahaan tidak hanya terdiri dari teori mengenai kewirausahaan tetapi juga menekankan pada praktik. Praktik kewirausahaan ini terdiri dari 1)Survey Pasar; 2) Cipta Produk; dan 3) Pemasaran.

 

 Survey Pasar

Pada tahap awal, mahasiswa di tugaskan untuk mencari data terkait  kebutuhan pasar akan produk olahan pertanian. Data tersebut dapat berupa data primer melalui kunjungan lapang ataupun data sekunder yang diperoleh dari internet. Data yang telah dikumpulkan dijadikan dasar untuk membuat ide usaha yang berbasis produk pertanian.

 Cipta Produk

Tahap selanjutnya adalah tahap realisasi. Mahasiswa diminta untuk merealisasikan produk yang akan dipasarkan dalam bentuk olahan pertanian. Selain produk olahan yang disajikan, mahasiswa dituntut untuk mengkreasikan kemasan yang digunakan sebelum dipasarkan. Indikator penilaian berupa ide usaha, kreativitas produk, dan kualitas produk. Pada semester ini terdapat 7 produk olahan pertanian yang dihasilkan mahasiswa fakultas pertanian UMP. Diantaranya 1) Kripik Jamur (Mr. J’Cris), 2) Ketan Kepo, 3) Mochio, 4) Kripik Gandulan Setan, 5) Donat Ubi Ungu, 6) POTS’s Pudding Kentang, 7) Brownis Bodaya Daun Pepaya.

 Pemasaran

 

Ujung tombak dari sebuah usaha adalah pemasaran. Setelah melakukan cipta produk, mahasiswa di berikan target penjualan sebelum turun ke lapang untuk melakukan kegiatan penjualan. Masing-masing kelompok di beri target yang berbeda. Di akhir semester mahasiswa diminta untuk menunjukkan laporan keuangan beserta target yang telah dicapai. Kegiatan ini ditekankan untuk melatih mental mahasiswa untuk benar-benar siap menghadapi kondisi pasar yang sesungguhnya serta harus siap bekerja dengan target. 

 

Kegiatan ini diharapkan mampu membekali mahasiswa dan sebagai modal dalam menghadapi dunia pasca kampus. Serta menjadikan mahasiswa sebagai pembaharu demi kemajuan Pertanian Indonesia. (YEF)

f t g m

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239